ASSALAMUALAIKUM



SELAMAT DATANG DI BLOG BRIAN ANJAR

Total Kunjungan

Translate

Pages

Senin, 12 Maret 2012

di balik angka proklamasi


misteri angka proklamasi

Quote:
Tugu Kebulatan Tekad (TKT) yang berdiri kokoh di Rengas Dengklok, dalam temaram senja. Tugu ini dibangun untuk mengenang kebualatan tekad pemuda dan pejuang serta tokoh-tokoh bangsa untuk melepaskan diri dari penjajah menuju bangsa yang merdeka dan berdaulat. Sebentar lagi adzan maghrib, para ngabuburiter satu persatu meninggalkan TKT.

Ya, di sini pernah terjadi suatu peristiwa yang di dalam pelajaran sejarah disebut dengan Peristiwa Rengasdengklok, peristiwa yang dimulai dari penculikan yang dilakukan oleh sejumlah pemuda seperti Adam Malik dan Chaerul Saleh dari Menteng 31 terhadap Soekarno dan Hatta. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 04.30 WIB, Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok Karawang, untuk kemudian didesak agar mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, sampai dengan terjadinya kesepakatan antara golongan tua yang diwakili Soekarno dan Hatta serta Mr. Achmad Subardjo dengan golongan muda tentang kapan proklamasi akan dilaksanakan.


Menghadapi desakan tersebut, Soekarno dan Hatta tetap tidak berubah pendirian. Sementara itu di Jakarta, Chairul dan kawan-kawan telah menyusun rencana untuk merebut kekuasaan. Tetapi apa yang telah direncanakan tidak berhasil dijalankan karena tidak semua anggota PETA mendukung rencana tersebut.

~oOo~


Saya mendekati rumah Djiaw Kie Siong. Entah kekuatan apa yang menghentakkan tubuh saya masuk ke rumah tersebut, cepat sekali. Dalam beberapa detik fikiran saya kosong dan begitu mata saya terbuka, saya menyaksikan Soekarno dan Hatta sedang dikerubungi oleh para pemuda, salah satunya jadi juru bicara. Kalau saya lihat posturnya, pemuda ini bernama Adam Malik.

“Tidak bisa Bung, sore ini proklamasi harus dikumandangkan. Kalau perlu dari depan rumah ini!” Adam Malik berkata kepada Soekarno dengan berapi-api. Hatta, yang sejak tadi diam akhirnya berkata, “Anak muda, dengarkan dulu apa alasan Bung Karno yang akan mengumandangkan proklamasi besok pagi. Silakan Bung!” Hatta mempersilakan Soekarno berbicara.

“Baik saudara-saudara, akan saya paparkan alasan saya mengumandangkan proklamasi tanggal 17 Agustus 1945 besok,” Soekarno mulai membeberkan alasannya.

Semua diam, termasuk saya. Semua menunggu penjelasan Soekarno selanjutnya. Saya lihat, Soekarno mengambil pena dan kertas buram.

“Lihat angka 17 ini,” kata Soekarno, sarjana lulusan ITB itu. “Yang paling penting di dalam peperangan dan revolusi adalah saatnya yang tepat, timing-nya saudara-saudara. Di Saigon dulu, saya sudah merencanakan seluruh pekerjaan ini untuk dijalankan tanggal 17.”

“Mengapa justru diambil tanggal 17, mengapa tidak sekarang saja, tanggal 16?” sela Sukarni, salah seorang pemuda yang juga menginginkan kemerdekaan secepatnya.

“Saya seorang yang percaya pada mistik dan hitungan primbon. Saya tidak dapat menerangkan dengan pertimbangan akal, tanggal 17 lebih memberi harapan dan saya merasakan di dalam kalbu, bahwa itu adalah saat yang baik. Angka 17 adalah angka suci. Pertama-tama kita sekarang sedang berada dalam bulan suci Ramadhan, waktu kita semua berpuasa, ini berarti saat yang paling suci bagi kita. Tanggal 17 besok hari Jumat, hari Jumat Legi, Jumat yang manis, Jumat yang berbahagia, Jumat suci. Quran diturunkan tanggal 17, orang Islam shalat seharinya 17 rakaat, oleh karena itu kesucian angka 17 bukanlah buatan manusia,” suara Soekarno menggelegar di ruangan itu.

Saya mengangguk-angguk mengiyakan penjelasan Soekarno. Mistisisme dalam angka 17 memang luar biasa. Banyak yang percaya 17 merupakan angka pemberian Tuhan yang paling istimewa. Angka ini dibangun dari angka 1 (satu) dan 7 (tujuh) yang menggambarkan banyak hal penting. Angka 1 adalah angka Tuhan itu sendiri, yang menandakan keberadaan ke-Esa-an Tuhan agama-agama samawi. Sementara angka tujuh diistimewakan sehingga Tuhan menciptakan tujuh hari dalam satu putaran pekan dan langit pun dibuat berlapis tujuh. Juga ketika di akherat nanti, di sana akan dijumpai jembatan menuju surga yang besar dan lebarnya serambut dibelah tujuh, hanya orang beriman saja yang bisa melewati jembatan itu. Bahkan orang pusing pun disebut dengan pusing tujuh keliling!

Tanpa saya duga sebelumnya, Soekarno menoleh ke arah saya dan berkata, “Hey bung yang seumuran dengan saya, yang juga punya nama Sukarno!”

Saya menunjuk diri, sambil mengangguk pelan.

“Ya, kamu bung! Kamu kan yang suka iseng main primbon angka-angka di blogmu? Coba terangkan apa istimewanya tanggal 17 Agustus 1945 ini”. Kalau Bung Karno telah memberikan perintahnya, siapa yang berani menolaknya?

Saya kaget dan dalam kemampatan fikiran saya coba utak-atik angka Proklamasi 1781945.

Dan inilah hasilnya :

17 + 8 = (1 X 9 – 4) X 5
1 X 7 – 8 = 19 – (4 X 5)
1 + 7 – 8 = 1 X 9 – (4 + 5)
17 – 8 = 4 + 5
1 X 7 – 8 = 4 – 5

Ada lagi :

1 X 7 X 8 X 4 X 5 = 1120 dibalik 0211, kurangkan 1120 – 0211 = 0909 dibalik 9090, lalu jumlahkan 0909 + 9090 = 9999 (sembilan kembar empat)

Semua orang yang ada di ruangan itu bertepuk tangan, termasuk Soekarno. Semakin keras saja tepukan tangan mereka, memekakkan gendang telinga saya. Tidak kuat, saya tutupi kedua telinga, saya pejamkan mata untuk menghalau rasa sakitnya.

~oOo~

Saya terbangun, ternyata sedang terbaring di salah satu kamar rumah sakit Proklamasi Rengasdengklok Karawang. Kata dokter, saya semaput karena kelaparan!

0 komentar:

Posting Komentar

cusor